Anggaran Daerah Perbatasan Dialokasikan Rp2,8 Triliun

Anggaran Daerah Perbatasan Dialokasikan Rp2,8 Triliun

m.komhukum.com

JAKARTA – Pada 2011 Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) baru menggelontorkan anggaran 149 miliar rupiah untuk membangun daerah perbatasan. Meski sangat kecil, pada 2012 pemerintah telah menaikkan anggaran perbatasan lebih dari 1.000 persen menjadi 2,843 triliun rupiah.

“Memang untuk tahun 2011 ini khusus yang dikedaerahkan baru mencapai angka 149 miliar rupiah, dan ini yang dikelola secara langsung oleh BNPP yang pelaksanaannya kita serahkan daerah. Tapi pada 2012 naik sangat signifi kan, meningkat 1.000 persen,” kata Sekretaris BNPP Sutrisno dalam diskusi bertema “Merawat Daerah Perbatasan, Merawat Indonesia”, di Jakarta, Jumat (21/10).

Anggaran itu akan diperuntukkan bagi pembangunan di perbatasan seperti jalan, jembatan, pasar tradisional, ataupun hal lainnya yang mengarah pada aspek kesejahteraan di perbatasan.

Anggaran 2,8 triliun rupiah itu tersebar di beberapa kementerian yang telah disepakati pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang kemudian disusun menjadi rencana aksi bersama 2012. Kendati mengatakan gembira dengan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk daerah perbatasan pada 2012 itu.

Namun, Sutrisno mengaku bahwa angka itu masih jauh dari yang dimintakan BNPP. Sebelumnya, BNPP mengusulkan anggaran 4,3 triliun rupiah untuk 2012. har/P-3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s