Anggaran untuk BNPP 2011 Capai RP700 Miliar

23 Jul 2010 13:21:43| Nasional | Dibaca 287 kali | Penulis : Master User

Jakarta – Anggaran untuk Badan Nasional Pengelola Perbatasan pada 2011 telah disetujui sekitar Rp700 miliar, dibanding alokasi untuk tahun ini yang hanya Rp25 miliar, kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Menurut Gamawan, di Jakarta, Jumat, anggaran 2011 ini akan digunakan menggerakkan dan mengkoordinasikan kegiatan di perbatasan. Anggaran BNPP 2011 ini meningkat dibandingkan 2010 yang hanya dianggarkan sekitar Rp25 miliar yang digunakan untuk kegiatan awal BNPP.

“Telah disetujui Rp700 miliar, karena mengkoordinasikan dan menggerakan kegiatan di perbatasan. Tahun ini cuma Rp25 miliar karena kita baru membentuk badannya saja,” katanya setelah diskusi publik tentang pengelolaan kawasan perbatasan negara.

Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap yang ditemui dalam acara diskusi mengatakan, BNPP harus diperkuat untuk menangani permasalahan perbatasan. Dengan demikian anggaran BNPP perlu ditambah, ujarnya.

“Kalau kita serius menangani perbatasan BNPP harus diperkuat, maka anggaran perlu ditambah,” katanya.

BNPP dibentuk sesuai Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2010, sebagai tindaklanjut dari Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara.

BNPP dikepalai oleh Mendagri. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, BNPP dibantu oleh sekretariat tetap yang terdiri atas sekretaris BNPP dan tiga deputi bidang pengelolaan batas wilayah negara, pengelolaan potensi kawasan perbatasan dan deputi bidang pengelolaan infrastruktur kawasan perbatasan.

BNPP mempunyai tugas menetapkan kebijakan program pembangunan perbatasan, menetapkan rencana kebutuhan anggaran, mengkoordinasikan pelaksanaan dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan terhadap pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, BNPP menyelenggarakan fungsi, di antaranya, penyusunan dan penetapan rencana induk dan rencana aksi pembangunan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan.

Selain itu, BNPP memiliki fungsi pengkoordinasian penetapan kebijakan dan pelaksanaan pembangunan, pengelolaan serta pemanfaatan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan.

BNPP juga berfungsi untuk menyusun program dan kebijakan pembangunan sarana dan prasarana perhubungan dan sarana lain di kawasan perbatasan. Selain itu, menyusun anggaran pembangunan dan pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan sesuai dengan skala prioritas.

Sementara itu, pengoperasian BNPP masih menunggu peresmian pejabat eselon 1 di jajaran sekretariat BNPP. Gamawan berharap proses tersebut dapat berlangsung cepat.

“Mudah-mudahan segera selesai, kita sedang menunggu surat keputusan presiden,” katanya. *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s